Karya Anak Bangsa - beta: Google, Yahoo, Microsoft dan AOL bekerjasama melawan aktivitas PHISING

Desember 11, 2011

Google, Yahoo, Microsoft dan AOL bekerjasama melawan aktivitas PHISING

0 bAlas
PHISING adalah salah satu kejahatan di dunia internet dalam bentuk penipuan dan pencurian data atau informasi pengguna internet seperti Nama User, Password, Rekening Bank, PIN ATM hingga kartu kredit. Para pelaku phishing ini biasanya menggunakan alamat e-mail palsu atau logo suatu lembaga resmi tertentu dengan membuat link layanan palsu untuk memancing (Fishing) pengguna merespon dan menyerahkan data atau informasi pribadinya termasuk informasi keuangan dan lain sebagainya. Aksi ini tentu saja mencemaskan para pengguna jasa online untuk melakukan transaksi bisnis dan keuangan mereka. Hal ini semakin rentan pula untuk di manfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab  karena saat ini banyak sekali jasa layanan yang ditawarkan secara online. Berharap bisa meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja malah "Infeksi" yang diterimanya. 

Perusahaan-perusahaan besar penyedia jasa layanan surat elektronik (e-mail) baru-baru ini telah menyepakati kerjasama untuk membangun sistem keamanan yang bertujuan melindungi data klien mereka dari kegiatan phishing yang saat ini marak terjadi. Sistem keamanan data elektronik ini akan di bangun pada paltform AGARI yaitu sebuah perusahaan asal California yang selama ini telah bekerja menganalisa, membangun dan mengelola sistem keamanan data e-mail dari kegiatan-gegiatan ilegal seperti Phishing. Sistem keamanan telah bekerja selama setahun ini untuk melindungi sekitar 50 persen lalulintas e-mail di Amerika Serikat dan melindungi sekitar satu miliar kotak e-mail pribadi konsumen pengguna. 
 
Google, Yahoo, Microsoft dan AOL sebagai perusahaan besar penyedia jasa layanan e-mail sepakat untuk menyediakan metadata dari pesan e-mail pelanggan mereka kepada perusahaan berbasis Agari ini sehingga dapat digunakan untuk mencari dan menganalisa pola-pola serangan yang mengindikasikan kegiatan phishing. Sistem Agari ini akan bekerja secara realtime pada saluran e-mail dari domain pihak ketiga sehingga dapat memberikan peringatan secara langsung kepada operator penyedia jasa layanan e-mail untuk selanjutnya mengizinkan atau menolak kegiatan yang terindikasi berbahaya. 

sumber: Beritanet

0 bAlas:

Posting Komentar